Cara Cepat Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Terkena Bad Sector

Cara Cepat Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector - Tahukah Anda apa tiu Hadisk Bad Sector ?? Hardisk Bad Sector ialah dimana kondisi dimana ada suatu bagian dari hardisk yang tidak dapat digunakan oleh sistem karena sebuah kerusahakan yang terjadi ataupun kegagalan OS untuk mengaksesnya. Tentu masalah pada hardisk ini sangat merugikan karena akan mengakibatkan komputer atau laptop yang memuatnya menjadi sangat lambat. 


Terdapat 2 jenis hardisk bad sector, yaitu Hard Bad Sector dan Soft Bad Sector. Hard Bad Sector adalah keadaan dimana kerusakan terjadi pada fisi hardisk, jadi kemungkinan besar sulit untuk diperbaiki. Hal seperti ini biasanya disebabkan oleh Head Crash yaitu kondisi dimana head pada hardisk terjadi kontak pada paltter yang mengakibatkan kerusakan permanen pada hardisk, dan alhasil kita sulit untuk memperbaiki hardisk yang terkena bad sector jenis ini.

Namun berbeda lagi dengan hard bad sector, untuk soft bad sector bisa kita perbaiki dengan cara memanfaatkan aplikasi bawaan dari windows yang dirasa cukup ampuh untuk memperbaiki hardisk yang rusak karena terkena bad sector ini. Disini kita akan menggunakan Chkdsk, Nah langsung saja berikut Cara Mudah Mengatasi Hardisk Yang Rusak karena Bad Sector.


Cara Cepat Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector 


1. Buka Windows Explorer (Tombol Windows + E)
2. Silahkan klik kanan pada disk yang perlu dicek dan diperbaiki, lalu pilih Properties
3. Pada tab Tools, lihat pada bagian Error-Checking dan pilih "Check Now"


4. Setelah itu akan muncul jendela baru untuk pengecekan dan perbaikan hardisk, centang kedua pilihan tersebut
5. Tunggu hingga proses selesai, dan setelah itu silahkan restart komputer Anda.

Note : Biasanya jika komputer kita benar-benar mengalami masalah atau jarang di rawat systemnya maka proses pengecekan dan perbaikan ini akan memakan waktu yang cukup lama, maka dari itu ketika akan menerapkan cara ini disarankan menutup semua aplikasi yang berjalan agar proses lebih cepat selesai.

Cara alternatif : Biasanya komputer atau laptop yang terkena masalah hardisk bad sector ini akan mengalami lambat dan lemot yang sangat parah. Untuk memperbaiki hardisk yang terkena bad sector ini kita juga bisa menggunakan bantuan aplikasi perawatan PC seperti Tune Up Utilities, Advanced System Care dan lain-lain, silahkan cari disini 


Cara Mudah Mencegah Terjadinya Bad Sector


Berikut beberapa tips yang bisa Anda praktekan untuk melakukan pencegahan terhadap masalah hardisk bad sector, silahkan disimak.

1. Pastikan suhu komputer atau laptop Anda tetap dingin dan bersihkan dari debu-debu yang menempel dan ketika mematikan komputer usahakan dengan proses yang benar

2. Gunakan Power Suppy berkualitas untuk menjaga arus-arus yang tidak diinginkan dari PLN 

3. Hindari goncangan-goncangan pada komputer ataupun laptop untuk mencegah head crash

4. Gunakan antivirus yang selalu update untuk melindungi komputer dari serangan malware

5. Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector.


Baca Juga :

Demikian tips dari kami kali ini mengenai Cara Cepat Memperbaiki Hardisk Yang Terkena Bad Sector, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ^_^

0 Response to "Cara Cepat Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Terkena Bad Sector "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel